Home » » Peralatan Perbaikan Mesin Pendingin AC

Peralatan Perbaikan Mesin Pendingin AC

Thursday, March 7, 20130 comments

Untuk memperbaiki mesin pendingin AC (Air Conditioner) diperlukan peralatan yang lengkap dan memadai. Penggunaan peralatan yang tidak memadai atau tidak digunakan sebagaimana mestinya justru dapat menyebabkan kerusakan AC akan bertambah parah. Sebagai penyedia jasa, tentunya kita harus mempertimbangkan ketersediaan dan penggunaan peralatan service mesin pendingin khususnya AC, sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik penyedia jasa/teknisi maupun pelanggannya.
Adapun peralatan service perbaikan mesin pendingin AC antara lain adalah:

1. Peralatan Cuci AC
Penggunaan AC yang terus menerus akan menyebabkan kotornya bagian AC terutama Evaporator dan Kondensor karena debu. Evaporator yang kotor karena kotoran yang menempel menjadi salah satu penyebab AC tidak dingin, selain hembusan angin kurang kencang karena terhalang oleh debu, juga menyebabkan bau tidak sedap. Debu dan kotoran akan menyebabkan evaporator beku dan angin AC tidak keluar karena terhalang gumpalan es di evaporator, selain itu juga bisa terlihat pipa AC tekanan rendah akan di selimuti oleh es. Kotoran ini juga akan menghalangi sensor temperatur suhu atau thermistor cooler AC di evaporator dari hembusan angin dari blower (untuk thermistor cooler yang tidak tertanam di Evaporator). Sehingga temperatur kerja dari sensor suhu atau thermistor cooler untuk memberikan signal cut off ke kompressor AC tidak tercapai. Kalau temperatur kerja tidak tercapai, maka kompressor AC tidak bisa on/off dan akan kerja terus menerus. Dengan bekerja terus menerus tanpa on/off dari kompressor mulai terbentuk gumpalan es di evaporator dan menghalangi aliran udara dari blower. Kompressor AC yang bekerja terus menerus akan menyebabkan panas berlebihan pada system AC dan bisa mengakibatkan rusak komponen AC. Sedangkan untuk thermistor cooler AC atau thermostat yang tertanam pada evaporator jika evaporator kotor akan membuat cut off kompresor AC lebih cepat, karena evaporator lebih cepat dingin.
Di samping efisiensi dan konsumsi listriknya yang tinggi karena terganggunya sistem kerja AC karena kotoran, juga besarnya biaya perbaikan apabila AC sudah rusak. Oleh karena itu sebaiknya ada jadwal service atau pengecekan AC secara rutin sebagai tindakan pencegahan.
Peralatan Cuci AC antara lain:
  • Jet Pump (mesin steam bertekanan) untuk mencuci unit AC indoor (evaporator) dan outdoor (condensor)
  • Plastik steam AC (plastik cor) untuk melindungi / mengalirkan bekas air cucian unit AC yang kotor
  • Ember / bak air untuk menampung air bekas pencucian AC
  • Tangga untuk menjangkau indoor atau outdoor yang akan dibersihkan








Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Template | Template |
Copyright © 2011. Tentang Seputar Kita - All Rights Reserved